Kamis, 23 Agustus 2012

Awas Perdukunan

Dukun artinya orang yang mengaku bisa mengetahui hal-hal yang ghaib, seperti mengetahui tempat barang yang hilang atau dicuri dengan cara ghaib, bisa meramal nasib seseorang, mengetahui kejadian yang akan terjadi, dsb. Tukang sihir artinya orang yang melakukan perbuatan sihir, seperti: memisahkan pasangan suami-istri, membuat seseorang sakit atau bahkan mati, membuat seseorang jatuh cinta kepada lawan jenis, mengobati orang yang terkena sihir/teluh dengan cara mistik, memper-tunjukan keluar biasaan dengan cara mistik dsb.


Termasuk kategori sihir adalah santet, pelet, ilmu kekebalan tubuh, gendam, terawangan, susuk dsb. Termasuk dalam kategori perdukunan adalah khadam ghaib, mencari wangsit, ramalan bintang, ramalan garis tangan, pengobatan dengan cara-cara yang aneh; seperti: menulis mantra di telur, memindahkan penyakit dari manusia ke hewan, pengobatan jarak jauh, memberi jimat-jimat, membaca jampi-jampi yang bukan dari ayat-ayat Al Qur'an atau ayat-ayat Al Qur'an yang dicampur dengan jampi-jampi asing. Dewasa ini mereka biasa disebut orang pintar, paranormal, supra natural, ahli hikmah, dsb.

1. Hukumnya haram dan termasuk dosa besar
2. Jika hanya mendatangi tanpa mempercayai, ditolak sholatnya selama 40 hari.
"Barangsiapa mendatangi dukun lalu menanyakan sesuatu kepadanya, tidak akan diterima shalatnya selama 40 hari." (HR. Muslim)
3. Jika mempercayai perkataan dukun-dukun  tersebut  maka ia telah
    kafir."Barangsiapa yang  mendatangi dukun dan membenarkan perkataannya,sungguh ia telah kafir terhadap apa yang diturunkan kepada Muhammad saw." (HR. Abu Daud).
4. Rasulullah saw berlepas diri darinya.
“Bukan dari golongan kami, orang yang menentukan nasib sial dan untung berdasarkan tanda-tanda benda, burung atau lainnya, yang bertanya dan yang menyampaikannya, atau bertanya kepada dukun dan yang mendukuninya, atau yang menyihir dan yang meminta sihir”.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

 
back to top